Mengenal Chiptune / 8 Bit Music

Hi Trekrs,
Kali ini kita mau sharing tentang genre musik yang dinamakan Chiptune / 8 Bit Music. Masih ingatkah kalian saat memainkan konsol video game legendaris dari Nintendo seperti Mario Bross, Donkey Kong, Legend of Zelda? Adakah persamaan yang terdapat pada game-game tersebut? Yup, scoring/backsound yang sama. Musik tersebut yang dinamakan chiptune. Definisi chiptune sendiri menurut Wikipedia.com adalah Musik yang dibuat dalam format suara dimana banyak terdapat tekstur suara yang melalui proses synthesized atau diurutkan secara real time menggunakan soundcard dari komputer atau konsol video game, dan terkadang menggunakan banyak frekuensi rendah dan bit rate yang rendah pula. Dewasa ini banyak soundcard yang mempunyai fitur synthetizer untuk memutar low bit rate sound. Perangkat komputer saat ini sangat membantu untuk membuat sebuah komposisi chiptune.
 
Pada tahun 1951, komputer CSIRAC dan Ferranti Mark 1 diciptakan dan digunakan untuk melakukan real-time synthesized musik digital yang kemudian dipublikasikan kepada umum. Pada akhir 1970-an, konsol video game dan mikrokomputer mulai memiliki sirkuit terpadu dengan logika suara khusus. Sebuah contoh penting adalah chip TIA dari Atari VCS (1977) mulai menampilkan dua suara dengan volume yang terpisah dan pengaturan dalam bentuk gelombang. Seiring makin banyak mikrokomputer yang mulai dipasarkan dengan kapabilitas musik dan suaranya, software-software musik menjadi tersedia dengan banyak model. Contoh awal adalah Atari Music Composer dirilis pada tahun 1980 untuk Atari 400/800.Program-program ini bersifat sederhana dan mudah digunakan, namun sangat terbatas penggunaan fitur-fiturnya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan programmer yang handal untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut.
 
Berikut adalah perangkat-perangkat yang biasanya digunakan dalam pembuatan musik chiptune :
• Ricoh 2A03 on the Nintendo Entertainment System or Family Computer
• the analog-digital hybrid Atari POKEY on the Atari 400/800 and arcade hardware
• the MOS Technology SID on the Commodore 64
• AY-3-8910, or 8912 on Amstrad CPC, Atari ST(Yamaha YM2149), Atari Falcon(Yamaha Y3439-F) MSX and Sinclair ZX Spectrum 128.
• Yamaha YM2612 on Genesis/Mega Drive
• Yamaha YM3812 on IBM PC compatibles
 
Nah..sekarang apa yang terjadi jika genre musik tersebut dijadikan genre oleh sebuah band?? Guys meet YMCK. Jujur, awal pertama saya mendengarkan komposisi musik mereka, saya kaget sekaligus kagum akan imajinasi dan daya komposisi yang dilakukan band tersebut. Suatu terobosan dimana membuat hal yang paling sederhana yaitu musik 8 bit dengan segala keterkurangan fitur-fiturnya, menjadi suatu komposisi musik yang bermacam-macam, mulai dari Swing, Pop. Benar-benar sebuah terobosan dalam dunia musik. Berikut adalah biografi YMCK (Wikipedia.com). YMCK adalah sebuah grup band asal Jepang dengan genre Chiptune. Terdiri dari Midori – Vokal, Yokemura – Musik, Lirik, Aransemen, Nakamura – Video Klip. YMCK menggunakan engine synthesizer dengan fungsi paling primitif, 8-bit, seperti yang dipergunakan oleh konsol game Nintendo Entertainment System, atau dikenal sebagai Famicom atau Family Computer di Jepang. Kata Family dalam album YMCK family Music dan Family Genesis, merupakan referensi langsung dari konsol tersebut. Musik YMCK memili banyak nuansa unik , mulai dari Techno, Jazz yang sangat kental, dan J-Pop yang ceria. Saat ini, mereka terikat pada beberapa label yang berbeda yang mendistribusikan album mereka ke beberapa negara seperti Jepang, Thailand, Amerika Serikat, dan Korea Utara. Album ketiga mereka, Family Genesis merupakan album pertama mereka dibawah major label, Avex, label yang juga menaungi musisi mainstream seperti Hitomi Shimatani, Hitomi dan Ayumi Hamasaki. Selain menggunakan musik 8-bit, lengkap dengan atribut konstrain 4-poly dan batas frequensi tiap channel, YMCK juga menggunakan artwork 8-bit. Icon mereka terdiri dari sprite 3 warna, dan juga semua obyek dalam video klip yang terbentuk dari palet 3 warna adalah contoh dari kekonsistenan mereka dalam menggunakan tema 8-bit. Untuk lebih detail tentang mereka bisa dikunjungi situs resmi mereka http://www.ymck.net/.
Selain YMCK, masih banyak band-band dengan genre sejenis seperti : Anamanaguchi, 8 Bit Weapon, I Fight Dragons, FTF dan lain-lainnya.(dari berbagai sumber)
(dimuat di speedytrek.telkomspeedy.com)Image
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: