ROCK, Awal & Perkembangannya

ROCK, Awal & Perkembangannya

 

Apa yang ada dibenak Trekrs saat mendengar kata ‘Musik Rock’? Tshirt hitam, suara bising, rambut gondrong. Ada kebebasan dan kebanggan dalam genre ini. Bahkan istilah selebriti musik umum disebut dengan istilah ‘Rockstar’. Semua musisi bermimpi untuk menjadi seorang rockstar. Jargon yang paling umum dalam suatu gigs juga ‘menyusupkan’ kata ini yaitu ‘Are you ready to Rock??’. Yup, Rock adalah genre musik yang mungkin paling popular diantara genre yang lain. Dan mungkin banyak diantara kita yang menggemari genre ini, ada baiknya kita mengetahui bagaimana sejarah genre ini dari awal hingga perkembangannya menjadi genre-genre yang lain.
Perkembangan rock diawali dengan perkenalan genre ini dan diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Root awalnya berasal dari Rhythm and Blues (RnB) dan Country. Dalam bentuk murninya, musik rock “mempunyai tiga chords, bakcbeat yang konsisten dan mencolok dan melody yang menarik”. Pada awalnya sekiter tahun 50-60an rock sangat dikenal atau istilahnya sedang happening di khalayak umum.
(50’s-70’s)
  • Rock’n’Roll adalah salah satu pengembangan dari musik Country dan Blues. Ciri khas rock and roll adalah pada ketukan (beat) yang biasanya dipadu dengan lirik. Rock and roll menggunakan beat yang didasarkan salah satu ritme musik blues yang disebut boogie woogie ditambah aksen backbeat yang hampir selalu diisi pukulan snare drum. Versi klasik dari rock and roll dimainkan dengan satu atau dua gitar listrik, gitar bass listrik, dan drum set hingga yang modern menggunakan synthetizer dan sampling-sampling. Pengembangan blues yang awalnya mendayu-dayu menjadi beat up. Para ‘pahlawan’ RnR saat itu adalah Elvis Presley, Bill Haley (and The Comets), The Beatles, Chuck Bery etc.
  • Classic Rock adalah pengembangan dari RocknRoll dimana chord yang biasa digunakan mengalami banyak penambahan dan makin variatif. Penggunaan distorsi juga mulai mendominasi, tentu saja berkat jasa sang Guitar Hero, Jimi Hendrix. Mungkin saat itu adalah era kejayaan Rock dalam arti sesungguhnya. Banyak supergrup yang bermunculan dan menjadi legenda sampai sekarang, sebut saja Cream, The Yardbirds, The Who, The Kinks etc. Part solo dalam suatu komposisi lagu sangat mengedepankan dialog antara gitar dan keyboard(jika ada). Ada juga group yang menggabungkan rock dengan folk musik macam Jethro Tull.
  • Selanjutnya adalah Progressive Rock . Jenis genre ini adalah pengembangan rock dipadu dengan Jazz, Classic dan berbagai genre lainnya. Bisa dibilang komposisi lagu genre ini rumit dan sangat menonjolkan skill tiap-tiap personilnya. Lagu-lagu yang diciptakan juga biasanya berdurasi lama dan dibagian lirik seperti menggambarkan suatu kisah atau epic. Grup-grup yang tenar dikala itu adalah Rush, Yes, Genesis, King Crimson, ELP etc.
  • Suara terbising saat itu mungkin adalah jenis Hard Rock. Banyak supergrup yang lahir di genre ini macam Led Zeppelin, Deep Purple, Blue Oyster. Dan diantara lagu-lagu yang tenar selalu didominasi oleh solo gitar yang panjang dan hamper semua gitaris hard rock menjadi kiblat gitaris masa sekarang seperti Jimmy Page(Led Zeppelin), Richie Blackmore(Deep Purple) etc.
  • Psychedelic Rock mungkin menjadi genre yang ‘pas’ dikala itu, karena pada saat itu era dimana manusia mengagungkan kebebasan atau biasa disebut kaum hippies. Jenis ini mengedepankan perasaan kecanduan atau saat-saat fly seseorang melalui penggunaan sound yang ‘mengambang’, ambience dengan banyak penggunaan delay, lirik yang absurd. Jim Morisson dari The Doors kerap memasukkan puisi-puisi didalam lirik maupun Live performnya. Hal ini semakin menciptakan suasana yang ‘mengawang’ didalam musik The Doors dan sesuai sebagai ‘soundtrack’ menggunakan LSD., morphin dsb. Grup yang tenar saat itu adalah The Doors, Pink Floyd.
  • Nama Heavy Metal digagas oleh band hard rock Tahun 60’an Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul ‘Born To Be Wild’ (ada di baris kedua bait kedua) :”I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin’ with the wind And the feelin’ that I’m under”. Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album debut album mereka yang berjudul ‘ Black Sabbath’. Rock dengan ramuan yang lebih ‘kejam’, distorsi yang lebih tebal and vocal yang ‘menjerit-jerit’, bersumpah serapah. Black Sabbath dianggap menjadi band yang paling bertanggung jawab atas munculnya genre Metal. Selain mereka ada pula Judas Priest, Rainbow, Manowar etc.
  • Punk Rock adalah gerakan musik rock yang berkembang sekitar tahun 1974-1975 di negara Amerika Serikat, Australia dan Inggris. Dipelopori oleh kelompok-kelompok seperti Ramones, Sex Pistols, The Damned, dan The Clash. Kelompok punk sering meniru struktur musik sederhana seperti musik garage rock dari tahun 1960-an. Inti dari musik Punk adalah perlawanan terhadap pemerintahan yang kolot dan aristrokat. Sex Pistols menjadi band yang controversial saat menciptakan lagu ‘God Save The Queen’, walaupun tidak ada sepatah kata pun yang menghina Ratu, mereka mengkritik pemerintahan Inggris saat itu. Mereka banyak mengalami penolakan perform karena hal yang kontroversial tersebut.
(80’s)
  • Glam Rock, ini adalah era dimana para rocker memakai make up dan memakai kostum yang mencolok. Ciri utama masa ini adalah rambut panjang dan vocalis yang bisa dipastikan berwajah menawan, sebut saja Axl Rose (Guns n Roses), David Coverdale (Whitesnake), Sebastian Bach (Skid Row). Pada komposisi lagu lirik mereka banyak mengedepankan Sex, Drug & RockNRoll, walaupun kebanyakan hits dan single mereka adalah lagu dengan beat slow atau lazim disebut Slow Rock. Saking banyaknya band dimasa ini menjadikan tiap band harus benar-benar memiliki cirri khusus dan frontman yang berkharisma.
  • Hardcore Punk (kadang-kadang disebut Hardcore saja) merupakan salah satu subgenre dari punk rock yang berasal dari Amerika Utara dan UK diakhir tahun 1970-an. Sound baru ini yang merupakan ciri khas musiknya secara umum yaitu: suara gitar yang lebih tebal, berat dan cepat dari musik punk rock awal. Tipikal lagu biasanya sangat pendek, cepat dan keras, selalu membawakan lagu tentang politik, kebebasan berpendapat, kekerasan, pengasingan diri dari sosial, straight edge, perang dan tentang sub-kultur hardcore itu sendiri. Straight Edge adalah suatu prinsip dimana pengikutnya tidak menggunakan narkotika, alcohol dan tidak merokok. Tapi yang menjadi sorotan dikalangan ini adalah kekerasan yang kerap dilakukan (chaos/anarkisme). Band yang tenar masa itu adalah Biohazard, Rykers, Suicidal Tendencies, Madball.
(90’s)
  • Nirvana adalah band yang bertanggung jawab atas munculnya genre Grunge/Grunch. Mereka juga dianggap ‘menghabisi’ era glam rock. Musik mereka mengajarkan ‘untuk memainkan musik rock, tidak perlu menggunakan skill yang tinggi, vocal yang menjerit-jerit. Simak hits mereka ‘Smell Like Teen Spirit’, hanya butuh 4 chord saja untuk menciptakan hits yang melegenda dan bergenre Rock. Grunge (kadang-kadang disebut juga Seattle sound) adalah sebuah subgenre dari rock alternatif yang muncul pada pertengahan 1980-an di negara Amerika Washington, khususnya di wilayah Seattle.. Gerakan awal grunge mulai terlihat pada akhir tahun 1980-an di sekitar Seattle melalui label independen Sub Pop. Grunge menjadi sukses secara komersial pada paruh pertama tahun 1990-an, terutama karena dirilisnya Nevermind oleh Nirvana dan Ten oleh Pearl Jam.
  • Alternatif Rock adalah benar-benar sebuah alternatif untuk musik Rock. Disaat orang-orang jenuh dengan rock yang ‘begitu-begitu saja’, mereka banyak mencampurkan jenis musik lain dan akhirnya menciptakan musik yang bahkan tidak terpikirkan atau biasa disebut post rock. Instrumen yang digunakan semakin beragam, mulai dari turntable sampai sequencer. Root genre ini melahirkan genre-genre seperti Brit Rock (Oasis, Kula Shaker, Stone Roses), Hip Metal (Korn, Limp Bizkit, Linkin Park), Garage Rock (The Stroke, The Datsuns, 20-22’s) dan sebagainya.
  • Extreme Metal mungkin root dari Rock yang paling keras, bising. Permainan drum yang sangat kencang, riff-riff gitar yang mengandalkan speed dan teknik vocal yang menggerutu dan berteriak (growl dan scream) menciptakan komposisi yang bisa dibilang, tidak semua orang bisa menikmati jenis musik ini. Band yang paling bertanggung jawab dalam genre ini adalah Mayhem, Motorhead, Venom. Pada awalnya, konsep musik mereka memfokuskan pada era kegelapan, pemujaan setan. Hingga akhirnya melahirkan bermacam-macam jenis extreme metal, mulai dari Black Metal, Thrash Metal, Death Metal. Hingga saat ini, makin banyak band-band extreme metal yang masih eksis dan banyak mengilhami munculnya metalheads muda dan semakin bervariasi dalam konsep. Band-band legendaris yang masih eksis adalah Cannibal Corpse, Deicide, Kreator, Emperor. (dari berbagai sumber) (dimuat di speedytrek.telkomspeedy.com)

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: