Rock In Solo 2011 – Heritage Metalfest

Rock In Solo (RIS), salah satu perhelatan Metalheads terbesar di Indonesia kembali digelar. Mengambil tema ‘Heritage Metal Fest 2011’, tahun ini RIS 2011 bertempat di Alun-Alun Utara Keraton Solo pada hari Sabtu (17/9) kemarin. Total ada 4 stage di venue yaitu stage A, B, C, D. Setelah tahun lalu Dying Fetus (AS) yang datang di RIS 2010, kali ini musisi internasional yang bertandang diantaranya adalah Death Angel (AS), Kataklysm (Kanada), Deranged (Swedia), Oathean, Ishtar (Korea), Enforce (Aus) dan musisi lokal yang meramaikan RIS 2011 diantaranya adalah Burgerkill, Down For Life, Gigantor, Suri dan masih banyak lagi yang membakar keempat stage yang ada. Disekitar areal RIS 2011 bisa ditemui banyak fasilitas seperti foodcourt, tenda-tenda untuk beristirahat, beribadah dan tentunya wall of fame yang selalu diserbu untuk mengabadikan momen di RIS 2011.
Sekitar 7000 metalheads memenuhi areal RIS 2011 sedari pagi dan banyak dari mereka yang berasal dari luar kota Solo bahkan luar pulau Jawa. Sekitar pukul 10.00 WIB stage A mulai dibakar oleh band-band yang hadir berkat votes di web. Dan selanjutnya stage B dan C mulai dipenuhi oleh para metalheads yang memenuhi arena stage. Satu persatu performer menghajar para metalheads yang tidak peduli dengan panasnya cuaca saat itu. Keragaman root metal tampak di RIS 2011, mulai dari Death Metal, Thrash Metal, Black Metal, Hardcore bahkan Stoner Rock seperti Suri band asal Jakarta. Isthar, band Gothic Metal asal Korea seolah mendinginkan panasnya adrenaline metalheads di stage B, dengan berbalutkan sedikit thrash metal didalamnya, musik Isthar menjadi progressive dengan dinamika yang tidak monoton. Deranged, Death Metal Trio asal Swedia ini menampilkan Death Metal old-school dengan riff-riff yang aggressive membakar adrenalin metalheads yang kemudian semuanya berkumpul di area stage A. 5 band yang tampil disini adalan Oathen, Down For Life, Burgerkill, Kataklysm dan Death Angel. Tampak walikota Solo Bpk. Joko Widodo hadir dan memberikan sambutan kepada para metalheads. Beliau adalah salah satu orang yang paling berpengaruh dengan diadakannya perhelatan akbar metalheads ini. Tanpa ampun para co dan headliner pun membakar stage A. Oathen, tradisional Black Metal dari Korea yang menampilkan keanggunan string section, Down For Life yang mengajak para pasukan babi neraka dengan Metal Hardcore-nya, Burgerkill band asal Ujung Berung Jawa Barat yang baru saja merilis album terbaru mereka Venomous.
Yang menarik adalah Kataklysm. Menurut Maurizio sang vocalist, Indonesia adalah Negara Asia pertama yang mereka datangi dan mereka sangat menikmati show mereka di Indonesia. Lucky us..!! Kataklysm sukses menghajar audiens dengan sound yang raw. Kebanyakan materi yang dibawakan berasal dari album terbaru mereka, Heavens Venom. Namun tak ketinggalan juga old stuff mereka bawakan, The Awakener dari album Temple Of The Knowledge.
Dan sebagai penutup gigs ini, Death Angel, Bay Area Thrash Metal band yang menampilkan thrash metal dengan riff-riff kejam. Ini adalah kali kedua mereka bertandang ke Indonesia. Lengkingan khas Mark terus mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah diundang meramaikan RIS 2011 ini. Nomor-nomor seperti  Evil Priest, Buried Alive, Mistress of pain, Claws In So Deep dan Seemingly tak luput menciptakan suasana yang chaos di area mosh pit.
Metalheads, sampai bertemu di Rock In Solo 2012..!
Image
(with Mr Maurizio Iacono from Kataklysm)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: