When Metalheads bang their head, horns up, caught in a mosh!! – HAMMERSONIC METALFEST 2012 : Live Report

Sabtu (28-04-2012) silam, bisa dibilang sebagai hari penting bagi sebagian besar Metalheads Indonesia. Pasalnya, di hari itu sebuah gigs bergenre Metal, yang diklaim sebagai gigs terbesar se-Asia Tenggara, Hammersonic MetalFest 2012 digelar. Apa istimewanya gigs ini? Well, bayangkan band sebesar Suffocation, Nile, D.R.I. bermain di satu gigs. Belum band-band lokal kebanggan Indonesia seperti Burgerkill, Deadsquad, Suckerhead, Funeral Inception dan masih banyak band lainnya. Revision selaku promotor benar-benar memanjakan para Metalheads Indonesia dengan mengundang band-band tersebut dalam satu gigs.

Sedari pagi sudah banyak Metalheads yang berdatangan, mengingat gate dibuka sekitar pukul 10:00 WIB. Yang mengejutkan adalah banyaknya Metalheads yang berdatangan dari luar Jakarta bahkan luar Pulau Jawa. Kebanyakan dari mereka menyewa bus beramai-rami atau menggunakan transportasi seperti kereta api dan pesawat. Ini adalah bukti betapa passion dan apresiasi Indonesia terhadap gigs sangat besar. Akhirnya setelah gate dibuka, sebagian Metalheads yang sudah datang di venue bergegas masuk memulai pesta yang mereka tunggu-tunggu. Kabarnya sebelum hari H saja, tiket sudah ludes terjual sebanyak 15.000 buah. Indonesian Metalheads rules!!

Pesta ini dibuka oleh salah satu band Metalcore asal Jakarta, Straight Out. Terlihat diluar masih banyak pengantri tiket yang membeli tiket on the spot. Semakin memanas gigs ini, Funeral Inception hadir dengan formasi terbaru membawakan materi-materi kejamnya. Berturut-turut disambung dengan Dead Vertical, band Grindcore yang baru merilis album terbarunya. Pesta pun berlanjut dengan hantaman band-band cadas yang menciptakan mosh pit, diving di area stage Hammer dan Sonic. Massacre Conspiracy, Down For Life, Dawn Heist, Human Like Monster, Divine Codex, Noxa, Impiety, The Arson Project, Death Vomit, Cyanide Serenity, Nothnegal, GXSXD, Seringai, Koil sukses membakar stage dan menghidupkan pesta ini hingga break Maghrib.

Di area venue banyak terdapat stand booth yang memudahkan audiens yang hadir mengisi perut mereka hingga memuaskan hasrat belanja dengan adanya penjualan merchandise official dari band-band yang perform. Kontan stand yang paling ramai dikunjungi adalah stand merchandise yang menjual merchandise resmi incaran para kolektor. Hingga menjelang malam diperkirakan jumlah Metalheads yang hadir hampir mencapai angka 20. 000 orang. Fantastis dan tentu tanpa terjadi keributan apapun, that’s True Metalheads.

Tak lama setelah break, Dreamer hadir di stage. Band Gothic dengan vocalist terbarunya ini melanjutkan jalannya pesta ini tanpa basa basi. Setelah Dreamer, Chtonic band asal Taiwan yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan Metalheads karena musik dan tentunya Doris Yeah, sang bassist nan jelita yang memperkuat barisan band Black Metal ini membakar stage dengan sound, performa yang bisa dibilang sempurna. Dilanjut dengan band-band yang sudah pasti ditunggu oleh Metalheads yaitu Sucker Head, D.R.I, Burger Kill, Psycroptic, Deadsquad, Nile, Suffocation. Terutama 3 nama yang paling ditunggu-tunggu D.R.I., Nile dan Suffocation.

Penikmat Crossover/Thrash/Hardcore/Punk pasti tidak asing mendengar nama D.R.I. (Dirty Rotten Imbeciles). Band asal Amerika ini sukses meng-cross over Metalheads yang sontak menciptakan circle pit begitu mereka mengumandangkan materi-materi yang diambil dari 7 studio album mereka. They’re old but still kickass for the sound & stage perform. Sayangnya, Spike Cassisdy harus absen karena masih menjalani perawatan untuk penyakit yang dideritanya.

Nile, band yang memasukkan unsur antropologi Mesir inipun sukses menggempur telinga Metalheads, terutama saat lagu pertama mereka bawakan yang sangat ditunggu-tunggu, Kafir. Hantaman drum George Kollias sangat powerfull dan bahkan ada sebuah joke yang menyatakan ‘dont destroy your drum-kit George’. Cadas!!

Sebelum Suffocation menutup gigs ini, dari layar diputar video annoucement bahwa Cannibal Corpse dipastikan hadir di Hammersonic selanjutnya yang kabarnya akan dihelat bulan Oktober tahun ini. Sontak semuanya bergemuruh menyatakan kebahagiaannya karena Cannibal Corpse termasuk band yang sangat ditunggu performnya di Indonesia.

Suffocation, dengan formasi terbaru terutama setelah Mike Smith menyatakan keluar tetap tampil maksimal dengan groovy Death Metal-nya. Frank Mullen tampil atraktif dan sukses memecahkan telinga para Metalheads. Sebagian lagu yang dibawakan adalah hits mereka yang pastinya sudah ditunggu untuk dibawakan.

Overall, gigs ini sangat sukses baik secara pelaksanaan dan persiapan. Semoga bisa dibarengi dengan gigs-gigs lainnya yang sukses menyatukan berbagai penikmat musik dari berbagai penjuru Indonesia. Sampai bertemu di Hammersonic Metalfest berikutnya. Hail Indonesian Metalheads. (heyckel)

ImageSUFFOCATION. photo by : Joko Widodo | FB : https://www.facebook.com/media/set/?set=a.3760759378845.247420.1272375458&type=3

ImageNILE photo by : Joko Widodo | FB : https://www.facebook.com/media/set/?set=a.3760759378845.247420.1272375458&type=3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: