The Art Of Death Metal : Hate Eternal ‘Phoenix Amongst the Ashes, Middle East & Asia Tour 2012’ Jakarta Concert Report

Indonesia seperti tak henti-hentinya digempur oleh kedatangan  band-band Metal Internasional yang mengadakan konsernya disini. Mulai dari Anthrax, Dream Theater, Hammersonic Fest 2012 hingga yang terakhir kemarin Hate Eternal yang memulai rangkaian tur bertajuk ‘Phoenix Amongst the Ashes, Middle East & Asia Tour 2012’ (diambildari titel album kelima Hate Eternal) di Mario’s Place, Menteng Huis, Cikini, Jakarta, Jumat 4 Mei 2012 silam. Kedatangan Eric Rutan dkk. ini terjadi berkat promotor maQnet Entertainment. Selain Jakarta, kota yang bakal disinggahi Hate Eternal adalah Surabaya (GOR Kodam Brawijaya) Minggu, 6 Mei 2012 dan Denpasar, Bali (Katulebo Bar) Selasa, 8 Mei 2012.

Hate Eternal adalah band yang berisi ‘orang-orang lama’ di dunia Death Metal. Eric Rutan sebelumnya adalah personil Morbid Angel dan Ripping Corpse,  yang sudah tidak asing lagi di telinga penggemar Death Metal. Derek Roddy salah satu drummer tercepat di dunia ini pun sempat singgah didalam kubu Hate Eternal. Dibentuk tahun 1997 personil awal Hate Eternal berganti-ganti hingga formasi saat ini adalah Eric Rutan (guitar+vocal), JJ Hrubovcak (bass+vocal) dan Jade Simonetto (drum). Sampai saat ini Hate Eternal sudah memproduksi album dan DVD Conquering the Throne (1999), King of All Kings (2002), I, Monarch (2005), The Perilous Fight (DVD) (2006), Fury & Flames (2008) dan yang terbaru Phoenix Amongst The Ashes (2011).

Satu hal yang disayangkan adalah lengangnya suasana konser entah karena kurang promosi atau karena euphoria dari konser-konser sebelumnya masih membekas di sebagian penikmat musik Metal Indonesia, tapi yang jelas Metalheads yang hadir malam itu menunjukkan antusiasmenya untuk melihat langsung perform salah satu band Death Metal terbesar di dunia ini. Konser pun dimulai tanpa opening act performer dan Eric Rutan (guitar+vocal), JJ Hrubovcak (bass+vocal) dan Jade Simonetto (drum) muncul di stage ‘Apa Kabar Jakarta?’ sapa Rutan kepada Metalheads yang mulai mendekati stage. Tanpa basa-basi Haunting Abound, The Art Of Redemption, Praise of the Almighty, Thorns of Acacia, Lake Ablaze menghajar telinga audiens. Suasana mulai memanas, circle pit dan body slam ‘seadanya’ tak terelakkan. Semuanya tampak menikmati alunan Death Metal dari Rutan dkk. Sangat mengesankan melihat permainan gitar dari Eric Rutan terutama power riff dan old school lead guitar style-nya ditambah dia bernyanyi di band ini. Sound yang balance dan aksi yang atraktif membuat Hate Eternal pantas masuk jajaran band Death Metal dunia. Aura gelap yang mereka sajikan sangat terasa saat lagu dibawakan. Dan selanjutnya hampir tanpa banyak bicara Phoenix Amongst The Ashes, Powers That Be, I,Monarch semakin memanaskan suasana. Audiens yang tadinya kebanyakan berada di belakang mulai mendekati area stage tanpa melanggar ketertiban.  Hingga akhirnya ‘nomor sakti’ King of All Kings menjadi penutup konser ini. Tak henti-hentinya audiens berteriak memanggil Rutan dan disambut dengan high-five dari atas stage.

Tak berhenti disitu, setelah konser berlangsung, promotor menyediakan waktu untuk Meet And Greet dan Photo Session. Hal ini tidak disia-siakan para diehard fans yang ingin ‘mengesahkan’ koleksi-koleksi item dari Hate Eternal seperti Vinyl, CD dan T Shirt untuk dibubuhi tanda tangan para personil. Yang mengejutkan adalah, dibalik penampilan yang sangar di stage, Eric dkk sangat ramah dalam melayani fans. Tak henti-hentinya mereka tersenyum dan walau kelelahan nampak dari wajah mereka, tak satupun permintaan fans yang ditolak. Hal yang harus ditiru oleh semua musisi. Photo session pun berlangsung dengan hangat hingga akhirnya satu per satu personil Hate Eternal meninggalkan area venue untuk kembali ke hotel. Semua Metalheads yang hadir sangat puas dengan konser ini. Overall, ini salah satu konser Metal terbaik selama 2012. Hate Eternal rules!! (Heyckel, photos : Rizki Apriliyarso)

(me with Mr Eric Rutan) Image

ImageImageImage

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: