How to Build Your Own Diorama (Indonesian)

Hello semua,
kali ini saya akan share step-step dalam membangun sebuah diorama untuk background Action Figure/Model Kits. Banyak tutorial yang bagus di Youtube, Blog-blog Kolektor, Thread Social Media dan lainnya yang bisa digunakan sebagai influence, tapi akhirnya originalitas konsep yang diutamakan. Gunakan imajinasi pribadi seluas-luasnya dan kita akan sangat puas dengan hasilnya.
Yang akan saya share adalah diorama dengan tema Lembah & Laut untuk model kits Gundam. Masih seadanya, semoga membantu 🙂

1. Cari benda yang bisa digunakan sebagai alas/dasar diorama, saya menggunakan bekas kipas laptop yang rusak. Makin solid makin baik (bisa juga untuk ditempelkan tag name setelah diorama selesai). Perhatikan ukuran figure yang akan dipakai, agar nantinya figure tersebut tidak kebesaran maupun tidak kekecilan.

2. Buat struktur awal (misal ada berapa layer tebing, mana dataran tinggi, mana dataran rendah danlainnya). Saya menggunakan karton tebal bekas tempat elektronik. Lem yang kuat sehingga menghasilkan struktur yang kuat juga.

3. Selanjutnya adalah mendetailkan struktur yang sudah dibuat sebelumnya. Gunakan kertas bekas (koran atau majalah), bulatkan atau dibuat sedemikian rupa untuk membentuk detail yang diinginkan. Penempatannya pun harus sesuai dengan konsep awal. Gunakan selotip/double tip untuk menempelkan kertas-kertas tersebut agar solid.

4. Setelah semua struktur terpasang, saatnya tahap ‘plastering’. Saya menggunakan Plaster Of Paris cloth (bisa dibeli di apotik atau RS), sangat mudah, tinggal dicelupkan ke air dan ditempelkan ke strukturnya. Makin banyak layer, makin kuat hasilnya. Tunggu sampai benar-benar kering demi detail yang baik.

5. Tahap selanjutnya adalah pengecatan. Untuk mempermudah, ada baiknya menggambar konsep pada awal sebelum membangun diorama agar nantinya mempermudah proses pewarnaan. Ada banyak teknit pewarnaan yang bisa dipelajari mulai dari shadow-ing, sand painting dan lainnya (bisa dicari by googling cara-cara pewarnaan). Saya menggunakan cat asturo, lebih baik lagi menggunakan cat akrilik.
Untuk ‘pemanis’ bisa ditambahkan efek rumput, pohon-pohonan dan properti lainnya. Untuk efek rumput, saya menggunakan spon bunga-bungaan yang diserut lalu direndam di cat asturo hijau muda.

6. Setelah semuanya telah dilakukan, pastikan lagi untuk mendetailkan diorama tersebut, terkadang sebuah diorama dikatakan baik saat tidak berlebihan maupun tidak kurang. Pastikan hasilnya sama atau mendekati apa yang anda inginkan. Well, selamat mencoba, semoga berguna :). Regards

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: