Every Little Thing He Does Is Magic.. (STING : Back To Bass concert report)

Image

Gordon Matthew Thomas Sumner, mungkin nama ini terdengar asing di telinga kita. Tapi saat mendengar nama Sting, pikiran kita pasti langsung tertuju pada pentolan The Police. Yup, Sting yang sekarang lebih fokus pada solo karir-nya, sejak The Police bubar pada tahun 1986, akhirnya menggelar kembali konser di Indonesia (setelah yang terakhir digelar pada tahun 1994 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center). Kali ini Sting datang dalam gelaran Tur-nya yang bertajuk Back To Bass Tour 2012 yang dipromotori oleh TEM Asia. Ada dua hal yang spesial di konser ini, yang pertama Indonesia adalah Negara terakhir yang masuk dalam list tour dan yang kedua, di konser ini Sting akan kembali memainkan Bass-nya sembari menyanyikan hits-hits-nya (baik dari album-album solonya maupun album-album The Police).

Sekitar 7000 penonton memadati konser penyanyi asal Inggris itu yang dihelat di Mata Elang Internasional Stadium (MEIS), Ancol, Jakarta, Sabtu (15/12/2012). Tiket yang dijual mulai dari harga 800rb sampai yang paling mahal 5jt tidak mengurangi antusiasme para penggemar Sting yang ingin menyaksikan pujaannya secara langsung. Usia penonton yang hadir pun terlihat sangat beragam, ada yang datang karena ingin melihat sosok Sting sebagai ‘anggota The Police’ maupun sebagai ‘penyanyi’. Antrian para calon penonton sudah terlihat sejak sore hari dan terlihat banyak keluarga, anak muda maupun para Musisi Indonesia yang ingin melihat pelantun Englishman In New York ini.

Akhirnya setelah agak menunggu dan stadium telah penuh sesak, tepat jam 20:30 WIB, Sting muncul dengan senyuman yang kharismatik dan disambut dengan teriakan para penggemar. Konser dibuka dengan nomer solonya, ‘If I ever Lose My Faith’. Seperti biasa ‘pasukan pendamping’ yang dibawa Sting selalu musisi kelas dunia yang sudah tidak asing lagi terutama diantara para musisi. Sebut saja sang drummer legendaris, Vinnie Colaiuta yang tampil sangat enerjik malam itu. Gitaris ‘sejuta’ solois, Dominic Miller juga menjadi daya tarik konser malam itu.

‘Terima kasih Jakarta’, sapa Sting yang kemudian dilanjutkan dengan lagu kedua dan mengajak para audiens untuk sing-a-long, termasuk salah satu lagu yang ditunggu-tunggu juga, Every Little Thing She Does Is Magic, hits dari The Police. Sepanjang konsernya, Sting selalu mengajak audiens untuk berkomunikasi dan tidak ketinggalan show off masing-masing player yang memukau. Hampir semua lagu-lagu hits yang ‘diidam-idamkan’ penonton dibawakan seperti, Englishman In New York, Fields of Gold, Message in A Bottle, Shape of My Heart, De Do Do Do De Da Da Da, Roxanne, Desert Rose dan lainnya. Sound yang dihasilkan pun terdengar balance malam itu.

Seperti layaknya konser-konser pada umumnya, Encore pun dilakukan Sting malam itu. Setelah usai menyanyikan ‘Roxanne’, ia meninggalkan panggung untuk ‘memancing’ audiens untuk meneriakkan ‘we want more..we want more..’. Benar saja, tak lama kemudian ia kembali dan intro Desert Rose dimainkan yang disambut dengan teriakan histeris sebagian besar penonton wanita. Desert Rose adalah salah satu hits dari album solo Sting yang mempunyai ambience Timur Tengah yang mampu mengajak penonton untuk berdendang dan berdansa. Dilanjutkan dengan hits dari The Police yang fenomenal, Every Breath You Take. Banyak yang mengira, lagu ini menjadi akhir konser malam itu.  Berbeda dengan konser-konser kebanyakan, kali ini Sting memberikan 2 kali encore, hingga akhirnya Fragile ‘benar-benar’ menutup konser yang tidak akan terlupakan malam itu. Every little things he does is magic.. (Heyckel)

Setlist :

  1. If I ever Lose My Faith
  2. Every Little Thing She Does Is Magic
  3. Englishman In New York
  4. Seven Days
  5. Demolition Man
  6. I Hung My Head
  7. The End of The Game
  8. Fields of Gold
  9. Driven To Tears
  10. Heavy Cloud No Rain
  11. Message in A Bottle
  12. Shape of My Heart
  13. The Hounds of Winter
  14. Wrapped Around Your Finger
  15. De Do Do Do De Da Da Da
  16. Roxanne
  17. Desert Rose
  18. King of Pain
  19. Every Breath You Take
  20. Next To You
  21. Fragile

Player :

  • Drum : Vinnie Colaiuta
  • Guitar : Dominic Miller
  • Keys : David Sancious
  • Violin : Peter Tickell
  • Backing Vocal : Jo Lawry.
    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

%d bloggers like this: